Ella Agustina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Ngeblog, Yuk! (Tantangan Menulis Hari ke-75)

Belajar Ngeblog, Yuk! (Tantangan Menulis Hari ke-75)

Tiga hari yang lalu, saya mengikuti pembelajaran online tentang blog. Sebuah kata yang sering didengar, sering dikunjungi, tapi belum pernah saya coba sendiri untuk membuatnya. Meski bukan hal yang baru, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Apalagi penggunaan blog ini terlihat masih banyak diminati. Bahkan kini lebih banyak provider yang menyediakan platform blog yang bisa digunakan.

Pembelajaran online ini mengambil tema “Menjadi Blogger Sekaligus Youtuber” bersama pak Dedi Dwitama, seorang guru sekaligus blogger dan youtuber yang sudah melanglang buana di dunia maya. Namun pada kesempatan ini saya akan menyampaikan tentang bagaimana membuat blog. Mencoba meresume hasil pembelajaran bersama pak Dedi.

Langkah pertama dalam membuat blog adalah harus ada niat, kedua memilikit email, dan yang ketiga adalah sign up di blogger.com, atau wordpress.com, atau kompasiana.com, atau detik.com, atau kumparan, atau guraru.com, dan provider lainnya yang menyediakan platform blog. Semuanya dapat kita gunakan secara gratis. Namun dengan risiko akan muncul iklan-iklan di blog kita. Berbeda dengan domainnya com, net, info, dsb yang berbayar, tidak akan muncul iklan kecuali kita sendiri yang mengisinya. Tapi ini pun berisiko, lupa membayar sehari saja tulisan kita akan hilang tak berbekas.

Blog diibaratkan rumah sendiri. Mau diisi apa pun, suka-suka terserah kita. Jadi dalam blog bisa diisi dengan beragam tema, tergatung mood kita sedang mau menulis apa. Supaya lebih menarik bisa disertakan foto atau video. Kemudian kita share ke facebook, whatsapp, atau twitter dengan cara menyalin linknya. Dengan demikian akan banyak orang yang mengetahui dan berkunjung ke blog kita. Langkah ini sekaligus menjadi trik atau ajang promosi blog kita. Promosi lainnya adalah kita sering berkunjung ke blog orang lain dan memberikan komentar. Etikanya, blog yang kita kunjungi harus berkunjung balik ke blog kita. Trik lainnya adalah dengan memberikan judul blog kita dengan kata-kata yang sedang hits dan banyak dicari netizen. Dengan demikian, bila ada yang searching, tulisan kita akan muncul.

Saat kita searching tentang sesuatu, mungkin tak jarang kita menemukan tulisan yang sama pada sumber yang berbeda. Apakah hal ini diperbolehkan? Boleh saja, pemilik blog pastinya senang dengan kunjungan dan tulisannya dishare orang. Tapi untuk mengutip tulisan orang lain, etisnya kita kontak dulu di kolom komentar, setelah ada izin baru diposting.

Demikian resume yang dapat saya sampaikan dalam pembelajaran tentang blog. Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Oh bergitu ya bu. Adakah langkah2 memulainya bu. Tulis dongTerimakasih bu

16 Apr
Balas

Kalau menurut pak Dedi sih langkahnya hanya 3: niat, py email, trus tinggal sign up di blogger.com atau sejenisnya.

17 Apr

Semangaaaat... Klo sy hanya sdg menantang diri saya sendiri, apakan bs melewatinya.. kalau tidak dipacu sy g bs bergerak, makanya senang j ikutan tantangan menulis. Meski nulisnya selalu mepet2 di sisa waktu terakhir, hiks..

03 Apr
Balas

Tulisan bagus bu Ella, saya jd tambah wawasan. Ingin rasanya mengikuti jejak kawan2 utk terus menulis sayang swlama WFH wktu aku tersita utk kegiatan itu. Smg lain kali bisa ikut.

03 Apr
Balas



search

New Post